Rabu, 21 Januari 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2015



Pertama kali ketika saya berkunjung ke Hongkong untuk memberi ceramah, adalah tahun 1977. Saat itu penduduk Hongkong masih belum ramai, juga tidak banyak tempat hunian, sebagian gedung bertingkat masih berkisar 13 atau 15 lantai saja, hingga kini apartemen ini masih ada, mungkin jika diamati dengan seksama, maka pada setiap jalan anda akan menjumpai gedung apartemen tua yang dibangun pada jaman tersebut.

Saya masih ingat waktu itu apartemen tertinggi di Hongkong terdiri dari 50 lantai, berdekatan dengan pantai, saya masih ingat bentuk jendelanya adalah bulat. Pada masa itu masih merupakan apartemen tertinggi, kini sudah jauh di bawah, sedangkan gedung yang berdiri di sampingnya saja lebih tinggi daripadanya.

Rekan-rekanku, para anggota Sangha di Hongkong, hampir semuanya saya kenal, dari yang sudah lanjut usia hingga yang masih berusia muda, yang hampir seusia denganku, bahkan ada juga yang lebih kecil usianya dari diriku, sekitar tiga per empat sudah tidak ada lagi di dunia, sahabat-sahabat lamaku juga sudah tiada. 30 tahun berlalu bagaikan satu petikan jari, sejenak saja sudah berlalu, kenangan masa lalu bagaikan baru saja terjadi hari kemarin.

Maka itu janganlah mengira bahwa waktu kita hidup di dunia ini adalah sangat panjang, juga janganlah merasa senang dengan apa yang sedang dinikmati dan dimiliki, karena semua ini adalah semu belaka, begitu sehela nafas tidak kembali, maka apapun tidak bisa dibawa pergi.        

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2015


我第一次到香港來講經,是一九七七年,那個時候香港沒這麼多人,也沒這麼多房子,一般樓層高的大概十四層,十三、十四、十五層,現在這些樓房還都在,大家稍微留意一下,每道街上你去看看,老房子,在那個時候建的。香港最高一層樓房是五十層,靠海邊上,我記得那棟房子,窗戶是圓形的,一看就看到了。那時最高的,現在也低下去了,旁邊的房子都高過它。

香港出家的同修,幾乎我都認識,從老到少,年歲大的,跟我差不多的,甚至於還比我小的,應該是四分之三都不在了,老朋友沒有了。三十多年真的一彈指,回憶起來就像昨天情形一樣。所以不要以為我們在這個世間還有很長的時間,那是錯覺;也不要以為我現在所享受的、所擁有的,感到很欣慰,那是假的,一口氣不來,什麼也帶不走。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第一六三集)  2015/1/12