Minggu, 16 Agustus 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Agustus 2015



Terlahir di Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva Dharmakaya (calon Buddha), dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan. Sebagian Bodhisattva lainnya tidak percaya akan hal ini, karena untuk mencapai tingkatan ini memerlukan waktu hingga kalpa yang tak terhingga, bagaimana mungkin bisa mencapainya hanya dalam satu kelahiran saja.

Dalam kehidupan ini hanya dalam waktu 20 tahun saja sudah bisa mencapainya, Master Hai Xian telah memberi teladan yang baik untuk diperlihatkan pada kita. Ini barulah urusan terbesar dalam kehidupan ini, sedangkan hal-hal lainnya hanyalah urusan sepele, tak peduli apapun yang anda lakukan juga tidak bisa keluar dari lingkaran tumimbal lahir.

Kali ini kita telah bertemu dengan pintu Dharma ini, terhadap pintu Dharma ini memiliki pemahaman yang lumayan, kesempatan kali ini pasti tidak boleh terlewatkan.

Selain diri sendiri belajar, juga harus membantu insan lainnya, agar praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati kian banyak kian bagus. Tetapi harus ingat jangan melupakan pelatihan diri sendiri, jika hanya membantu orang lain tetapi melupakan diri sendiri, bentuk-bentuk pikiran sendiri masih bertumpuk-tumpuk, sehingga orang lain sudah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, sementara anda sendiri malah gagal.

Keadaan begini pada masa sekarang begitu banyaknya. Demi insan lain begitu berkobar semangatnya, sehingga melupakan pelatihan diri sendiri, apakah hal ini bagus? Bagus, tetapi diri sendiri malah gagal terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini akan menjadi masalah yang begitu besar sekali!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Agustus 2015


往生極樂世界生實報莊嚴土,法身大士,一生成就。這是一般菩薩都不敢相信的,菩薩修到這個地位要無量劫,怎麼可能一生成就?一生當中二十年就能成就,海賢老和尚做榜樣給我們看。這才是一生的大事,其他的雞毛蒜皮,無論幹什麼,你出不了六道輪迴。這是我們遇到這個法門,對這個法門有相當認識,這一次的機會絕對不會錯過。

我們自己學習,也要幫助別人,幫助人往生愈多愈好。可是要記住,不要忘了自己,光幫人,自己忘掉了,自己妄想雜念還一大堆,別人往生了,你去不了。這種情況在現代社會很多,不是少數。為別人很熱心,把自己忘掉了。是不是好事?是好事,但是自己不能往生,這個事可大了!

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二三二集)  2015/8/10