Minggu, 22 November 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2015

 


Masa kini adalah era yang bagaimana? Era kemajuan tehnologi. Manusia hanya percaya pada ilmu dan tehnologi, tidak percaya pada etika moral, tidak percaya lagi pada ajaran insan suci dan bijak, tidak yakin pada ajaran agama, mereka sudah tidak menghendaki semua ini lagi, apa yang mereka inginkan? Lobha, dosa, moha, kesombongan dan kecurigaan, kian hari kian bertambah, demikian pula dengan nafsu keinginan akan harta benda, rupa, ketenaran dan keuntungan, kian hari kian menjadi-jadi.  

Apakah kita ada menyadarinya atau tidak, bagaimana cara alam meresponnya? Setiap hari anda dapat membaca baik di internet maupun media pemberitaan, betapa banyaknya bencana alam yang terjadi baik skala besar maupun kecil, inilah reaksi yang diberikan oleh alam kepada manusia, bahkan bencana alam telah menjadi berita umum yang sudah dianggap biasa karena sudah sering terjadi.

Andaikata anda tidak menyadarinya, malah meneruskan menciptakan karma buruk, maka menurut perkataan yang dilontarkan oleh ilmuwan, bukan ucapan orang awam, ilmuwan memberitahukan pada kita, 50 tahun kemudian, bumi ini sudah tidak layak huni lagi.

Diantara beragam racun ini, racun apa yang paling berbisa? Yakni nafsu indria, perbuatan asusila. Karma apa yang ditimbulkan oleh perbuatan asusila? Karma pembunuhan. Siapa yang dibunuh? Anak kandung sendiri, lihatlah perbuatan menggugurkan kandungan, bukankah ini sungguh celaka!   

Sehari ada berapa kasus begini? Menurut data dari PBB, yang berasal dari kasus di rumah sakit, setiap hari melampaui 150 ribu kasus, setahun lebih dari 50 juta kasus.

Jumlah janin yang digugurkan setiap tahunnya, adalah ekuivalen dengan jumlah tentara dan penduduk sipil yang tewas dan terluka pada saat pecahnya Perang Dunia ke-2.

50 juta jiwa, inilah korban perang pada era Perang Dunia ke-2, sekarang jumlah kasus menggugurkan kandungan setahun adalah ekuivalen dengan jumlah tersebut.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2015

現在是什麼時代?科學技術的時代。人只信科學,不相信有倫理,不相信有道德,不相信有聖賢,不相信有宗教教育,他統統不要了,要什麼?貪瞋痴慢疑,現實,多多益善,財色名利也是多多益善。我們有沒有感覺得,地球大自然是什麼回應?資訊裡頭、網路裡頭、媒體裡頭,你每天看到地球上的大大小小災難,那就是回應,非常頻繁。如果我們還沒有警覺的話,還繼續再搞下去,科學家的話,這不是普通人的話,科學家告訴我們,五十年之後,這個地球上不能住人了。

這些毒裡頭,最毒的毒是什麼?是色,淫欲。淫欲帶來的是什麼業?殺業。殺誰?殺自己的兒子,你看到這個墮胎,這還得了嗎!每一天多少?聯合國有統計的,醫院裡面查得到案子的,每一天超過十五萬,一年五千多萬。一年墮胎死的這個小孩,數量跟第二次大戰的時候,陣亡的官兵跟一些死傷的平民,五千萬,第二次世界大戰,現在一年墮胎人數跟那個相等。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七九集)  2015/11/13








Sekarang orang sudah tidak percaya lagi pada Hukum Karma, juga tidak percaya adanya pembalasan, berani berbuat tanpa takut akan akibatnya. Ketika bencana datang maka masalah besar pun tak terelakkan lagi. Siapa yang dapat menyelamatkan dirimu? Tidak orang ada yang bisa menyelamatkan dirimu. Meskipun para Buddha dan Bodhisattva bermaitri karuna juga tidak bisa menyelamatkan dirimu, diri sendiri yang berbuat maka diri sendiri pula yang harus menerima akibatnya.

Jika anda bermaksud menyelamatkan diri sendiri, maka anda harus kembali ke jalan yang benar. Hanya Buddha Amitabha yang dapat menyelamatkan dirimu, ini adalah nyata adanya, para makhluk yang melakukan “Lima perbuatan jahat yang berat” dan “Sepuluh Kejahatan”, saat menjelang ajalnya melafal Amituofo, baik satu lafalan maupun sampai sepuluh lafalan, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ini tercantum di dalam “48 Tekad Agung Buddha Amitabha”, jadi ini bukan semu.  

Buddha Amitabha dapat menyelamatkan dirimu, tetapi anda harus kembali ke jalan yang benar barulah dapat terselamatkan olehNya, anda harus yakin padaNya, barulah Buddha dapat menyelamatkan dirimu.

Jika sebaliknya anda tidak sudi kembali ke jalan yang benar, tidak percaya pada Buddha, setengah percaya setengah tidak, maka Buddha tidak bisa menyelamatkan dirimu.

Tidak berkesempatan bertemu dengan Pintu Dharma ini maka tidak berkesempatan memperoleh penyelamatan.

Pintu Dharma ini dapat menyelamatkan dirimu asalkan anda dapat memenuhi tiga persyaratan berikut ini: Yakin, Bertekad dan Mengamalkan (melafal Amituofo).

Benar-benar yakin adanya Alam Sukhavati, yakin adanya Buddha Amitabha, benar-benar bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, terhadap dunia fana ini sama sekali tidak mendambakannya lagi.

Terhadap sanak keluarga dan sanak saudara, kerabat dan kenalan, juga memperkenalkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo kepada mereka, kita semuanya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Ilmuwan telah menyampaikan pada kita bahwa 50 kemudian bumi ini sudah tak layak huni, mungkin saya tidak bisa hidup hingga 50 tahun lagi, sudah seharusnya saya pergi ke Alam Sukhavati, ini adalah benar adanya. Maka itu haruslah serius, tekun berusaha, memperbaiki diri ke arah yang benar, setiap hari menyempurnakan diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2015


現在人不相信因果,不相信報應,敢作敢為。災難臨頭的時候,麻煩來了。誰能救你?沒人能救。佛菩薩慈悲也救不了你,自作自受。你要想救自己,你得回頭。阿彌陀佛是真能救你,不假,五逆十惡,臨命終時一念、十念都能往生,這是四十八願裡,這不是假的。阿彌陀佛能救你,你得回頭他才能救,你要相信他,他才能救你。你不回頭、不相信,半信半疑,他救不了你。遇不到這個法門那真的是沒救。這個法門能救你,必須自己具足三個條件:信、願、行。真正相信有西方極樂世界、有阿彌陀佛,真正發願往生極樂世界,對這個世界沒有留戀。家親眷屬、認識的朋友,都勸他念佛求生淨土,我們到極樂世界去。科學家說五十年之後,這個地球上不能住人,大概我活不了五十年了,我應該到極樂世界去了,這真的。要認真,要努力,要改過,要自新。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七九集)  2015/11/13






Apabila melekat pada tubuh jasmani ini maka akan menimbulkan penyakit. Pepatah kuno berkata, “Dapat melepaskan kemelekatan pada tubuh jasmani maka penyakit takkan muncul”, ini adalah nyata adanya, pencetusnya juga bukan praktisi Ajaran Buddha, namun mereka dapat mengatakan keluar kalimat begini. “Dapat tidak tamak akan kehidupan, maka takkan ada kematian”, kita harus senantiasa merenungkan dua kalimat ini.   

Terlalu memandang berat pada tubuh jasmani ini, maka tubuh ini akan jatuh sakit, darimana asalnya? Oleh karena anda terlampau merawatnya, maka dia akan jatuh sakit. Setiap hari takut mati, maka kematian pasti datang. Bila anda melepaskan semua penderitaan sakit dan mati, jangan peduli padanya, maka dengan sendirinya tubuh akan sehat dan panjang umur.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2015

形骸就是肉體。我們過分執著這個形骸就生病。古人的話說得好「能外形骸者,天不能病」,真的。這些人不是佛教徒,能說出這句話。「能不貪生者,天不能死」。這兩句話我們要多念念。過分重視這個身體,身體會生病,從哪來的?你照顧太周到了,它會生病。天天怕死,死一定就來了。你把死、病統統放下,別理它,自然很健康,長命。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七九集)  2015/11/13

  




   
Buddha membabarkan pada kita bahwa bencana air, contohnya tsunami, berasal dari hati yang tamak (lobha), sedangkan kebencian (dosa) mengundang bencana api, contohnya gunung berapi meletus, cuaca panas yang kian ekstrim; moha (kebodohan) mengundang bencana angin, topan tornado, dalam perkembangan sejarah tidak ada tercatat kejadian sedemikian rupa.

Selanjutnya adalah kesombongan mengundang bencana gempa. Kecurigaan mengundang amblasnya permukaan tanah. Lima racun ini jika diperbuat sudah terlampau maka bencana ini segera bermunculan. Kini kejadian demikian banyak terjadi, contohnya saja amblasnya permukaan tanah, jaman dulu sangat jarang terdengar kejadian begini, sekarang malah sering terdengar. 
 
Beginilah asal usul datangnya bencana saat kini, kita tidak boleh tidak mengetahuinya, setelah memahaminya maka haruslah menasehati orang lain supaya melafal Amituofo, bila orang lain tidak percaya, maka diri sendiri haruslah memulainya terlebih dulu, barulah dapat menggugah orang lain, perlahan setelah melihatnya dia juga akan jadi mengerti dan membangkitkan keyakinan.

Andaikata orang yang paham itu semakin banyak, yang meyakini itu semakin banyak, maka bencana akan semakin ringan dan lenyap. Apakah bisa lenyap dalam waktu seketika? Bisa, asalkan seluruh penduduk di dunia ini benar-benar telah tercerahkan, setiap insan melafal Amituofo, lalu menghapus lobha, dosa, moha, kesombongan dan kecurigaan, maka bencana apapun takkan ada lagi di dunia ini.

Untuk menghapus bencana dan menghindari musibah haruslah mengandalkan hati kita, oleh karena lingkungan berubah menuruti perubahan hati. Di hati kita ada lima jenis racun sehingga menciptakan beragam bencana; dengan menghapus lima racun yakni tidak tamak (alobha), tidak benci (adosa), tidak bodoh (amoha), tidak sombong dan tidak curiga, maka bencana takkan ada lagi, marilah kita semuanya giat berusaha! Ini adalah ajaran Buddha.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2015

佛經上告訴我們,災難,水從哪來的?貪心,貪感得的水災,海嘯。瞋恚所感的火災,火山爆發,地球溫度上升,瞋恚所感的。愚痴所感的風災,颶風、龍捲風,歷史上從來沒有記載過的。所以下頭兩個要,慢,傲慢所感的地震。懷疑,懷疑所感得的山崩,就是現在土石流,地陷下去,大地突然陷下去,這個現象是懷疑。五毒,造作太過分了,這個現象就會現前。現在這個現象這麼多,山崩下來,地陷下去,以前很少聽說,現在聽說常有。所以三毒,底下講「三毒擊意(攻動意根),發動身口,造一切業」。

今天災難就是這麼來的,我們不能不知道。知道了從自己做起,勸別人,別人不相信,自己做、自己幹,感動別人,慢慢他看懂了,他就相信了。如果懂的人愈多,信的人愈多,災難就減輕,化解。徹底化解行不行?行,只要地球上的居民真正覺悟了,個個念阿彌陀佛,都把貪瞋痴慢疑放下,地球上什麼災難都沒有。消災免難靠誰?境隨心轉,在我們的心。我們現在有五毒,就是製造災難;把五毒消掉,不貪、不瞋、不痴、不傲慢、不懷疑,災難就沒有了,大家努力!這是佛陀的教育,佛陀的教學。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七九集)  2015/11/13