Sabtu, 11 Juli 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Juli 2015



Di Jepang ada sebuah sekte yang hanya membaca tekad agung Buddha Amitabha yang ke-18 saja, yakni sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati. 47 tekad lainnya sudah tidak dikehendaki lagi, hanya mau yang satu ini saja (tekad ke-18).

Saya pernah berceramah di Jepang sebanyak dua kali, anggota Sangha dan praktisi di sana pernah bertanya padaku mengenai masalah ini, apakah boleh bila kami hanya terfokus membaca tekad ke-18 saja? Saya menjawab, praktisi yang “paham” tentu saja boleh, tetapi sebaliknya praktisi yang “tidak paham” maka tidak boleh.

Lalu mereka bertanya lagi apakah yang dimaksud dengan “paham”? Di dalam 48 tekad, setiap butir tekadNya telah mencakup 47 tekad lainnya, ini yang disebut dengan “paham”. Satu adalah semua, semua adalah satu, bila anda melekat pada satu tekad saja (tekad ke-18), di dalam sebutir tekad ini telah mencakup keseluruhan 47 tekad lainnya. Ini barulah bisa dipahami.

Tetapi bila anda mencabut keluar sebutir tekad dan menjadikannya berdiri sendiri dan terpisah dari 47 tekad lainnya, maka ini tidak boleh, tekad lainnya sudah tidak dikehendaki lagi, mana boleh? Ini berarti tekad Buddha Amitabha sudah tidak lengkap lagi, sudah tidak sempurna lagi.

Apabila setiap butir tekad adalah sempurna adanya dan setiap butir tekad adalah lengkap dan tidak kurang, satu tekad adalah seluruh tekad, setiap tekad adalah 48 tekad, dengan demikian barulah tidak salah tafsir.

Tetapi bila hanya melekat pada satu tekad saja, dan 47 tekad lainnya tidak dikehendaki lagi, maka ini adalah salah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Juli 2015


在日本,日本有一派專門念第十八願,十八願是什麼?十念必生;四十八願不要了,就要一願。我在日本講經講過兩次,他們那邊的法師、同修問過我這個問題,我們專念十八願行不行?我說會的人行,不會的人不行。他問我什麼叫會?四十八願每一願都具足其他四十七願,這叫會;一願,一即一切,一切即一,你執著這一願,這一願裡頭圓滿其他四十七願。這他才曉得。你把這一願獨立了不行,其他都不要了,那怎麼可以?那阿彌陀佛的願有欠缺、不圓滿。願願都圓滿,願願都不缺,一願就是一切願,願願都是四十八願,這才沒有搞錯。單單執著一願,其他四十七願不要了,錯了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第二O六集)  2015/7/1