Sabtu, 17 Januari 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2015


Ketika usia kami masih muda, guru kami menjelaskan tentang puisi Suara Musim Gugurkarya Ouyang Xiu (1007-1072, pujangga Dinasti Song Utara), beliau menggunakan perumpamaan empat musim untuk mengibaratkan kehidupan manusia.

Sejak dilahirkan hingga usia 20 tahun adalah musim semi kehidupan manusia; usia 20 hingga 40 tahun merupakan musim panas dalam kehidupan manusia; usia 40 hingga 60 tahun adalah musim gugur kehidupan manusia; usia 60-80 tahun merupakan musim dingin kehidupan manusia.

Maka itu setelah melewati usia 60 tahun harus menyadari bahwa kehidupan manusia telah sampai di musim dingin, kita telah sampai di penghujung dari empat musim, berapa insan yang tercerahkan akan hal iniKetika kehidupan manusia  telah memasuki musim gugur, hendaknya melepaskan semua kemelekatan, musim dingin belum tentu masih ada.

Kehidupan manusia begitu singkat dan menderita, diantara abang, kakak dan adik, para sahabat, teman-teman sekolah, yang meninggal dunia di kisaran usia 40-60 tahun amat banyak, yang dapat hidup sampai usia 80 tahun tidaklah banyak. Setelah melewati usia 80 tahun adalah bagaikan api lilin yang ditiup angin, kapan saja bisa menutup mata buat selama-lamanya.

Hendaknya memiliki mawas diri sedemikian, hidup sehari maka melafal Amituofo sehari, ini merupakan hal yang penting bagi praktisi yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata masih saja mengejar ketenaran dan keuntungan di dunia ini, maka meskipun anda berhasil memperolehnya, berapa lama lagi anda masih bisa menikmatinya?

Setelah melewati usia 80 tahun, setiap menit dan detiknya begitu bernilai, bila menggenggamnya dengan erat maka kelahiran mendatang barulah memiliki harapan, sebaliknya bila menyia-nyiakannya, maka kelahiran mendatang jatuh ke tiga alam penderitaan, ini sungguh mengerikan

Kita harus senantiasa mengingat untuk tidak boleh jatuh ke tiga alam penderitaan, karena dengan demikian kita telah bersalah pada diri sendiri, bersalah pada ayahbunda, bersalah pada guru, bersalah pada Buddha dan Bodhisattva, ini adalah orang yang berdosa.

Jadi harus bagaimana? Melepaskan semua kemelekatan, membangkitkan keyakinan benar, tekad benar dan melafal Amituofo, senantiasa di dalam hati takkan melupakan Buddha Amitabha, inilah yang disebut dengan ketrampilan melatih diri, dengan demikian barulah memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

Jika sebaliknya sering-sering melupakan Amituofo, masih banyak khayalan dan bentuk-bentuk pikiran lainnya, ini tidak baik, sehingga tidak memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati. Tidak boleh tidak memikirkan hal ini, karena ini merupakan urusan terbesar dalam kehidupan kita.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2015 


我們在年輕的時候,老師給我們講歐陽修的「秋聲賦」,用四季來比喻一個人的一生。從出生到二十歲,人生的春天;二十到四十,人生的夏天;四十到六十,人生的秋天;六十到八十,人生的冬天。所以六十以後知道人生的冬天,春夏秋冬,我們現在到末後最後一季了,要辦明年的事情,幾個人覺悟了?到秋天這個時候,萬緣要放下,冬天不一定存在。人生真的是苦短,兄弟當中,同學當中,朋友當中,四五十走的、五六十走的,很多,能活到八十歲的不多,沒有幾個。八十以後風燭殘年,不定什麼時候走,說走就走了。一定要有這個警覺心,有一天的光陰,念一天的彌陀,這是正經事,這是真正嚮往西方極樂世界。要是還搞世間名聞利養,完了,縱然你得到,你還能夠享受幾年?八十以後,分分秒秒都是最可貴的,抓住了,來生有指望,疏忽了,來生在三途,你說你多可怕!我們必須要記住,決定不能搞三途,搞三途對不起自己,對不起父母,對不起老師,對不起佛菩薩,那就是罪人。應該怎樣?萬緣放下,真信、真願老實念佛,時時刻刻心裡面這阿彌陀佛未曾丟失,這叫功夫,這就是往生有把握。常常把阿彌陀佛忘記,還有很多妄想雜念,這個不好,這個往生沒把握。不能不想這個問題,這是我們一生當中第一個大問題。

文摘恭录 -  二零一四淨土大經科註  (第一六0集)  2015/1/9







Niat pikiran yang terbaik di sepuluh penjuru alam, tak lain adalah Amituofo, nama Buddha merupakan yang tertinggi tiada taranya. Mengapa tidak membangkitkan niat pikiran ini? Tidak ada niat pikiran lain yang dapat melampaui niat pikiran ini, anda harus memiliki keyakinan hati padaNya.

Jika setiap niat pikiran yang muncul adalah Amituofo, maka meskipun anda masih belum mencapai KeBuddhaan, namun sudah terdaftar di Alam Sukhavati, anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati, anda pasti bertemu Buddha Amitabha, tidak ada lagi yang lebih istimewa daripada ini.

Setelah terlahir di Alam Sukhavati, memiliki rupa terunggul tiada taranya, merasakan kebahagiaan tertinggi tiada taranya, usia tertinggi tiada taranya, semuanya merupakan yang tertinggi tiada taranya, anda juga mencapai yang tertinggi tiada taranya, menyempurnakan KeBuddhaan. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2015 


這虛空法界,十方三世,最好的念頭,排名第一的,就是阿彌陀佛,這佛號,所以名號無上。為什麼不起這個念頭?沒有一個念頭能勝過這個念頭,你對它要有信心。你不起念則已,起念就是阿彌陀佛,你雖然現在沒成佛,極樂世界已註冊了,你決定往生極樂世界,你決定見阿彌陀佛,沒有比這個更殊勝。生到極樂世界,就前面所說的,莊嚴無上,受樂無上,光壽無上,樣樣都無上,你證得無上,成就無上。

文摘恭录  -  二零一四淨土大經科註  (第一六0集)  2015/1/9 









Penemuan ilmu dan tehnologi telah memberikan kita banyak kemudahan, tetapi dampak negatifnya sangat besar, kini manusia mulai merasakannya, Berapa besar nilai yang harus dikorbankan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut? Bila dibandingkan keduanya, maka kita dapat melihat dengan jelas, apa yang harus kita korbankan lebih besar daripada yang diperoleh.

Maka itu orang jaman sekarang sepanjang hidupnya, sejak lahir hingga menjelang usia senja dan meninggal dunia, dapat menikmati berapa hari bahagia? Bila diamati dengan seksama, seharipun tidak dapat dinikmatinya, tetap saja melewatinya dalam penderitaan, hidup tanpa arah dan tujuan.

Jaman dulu masih bagus, ada pendidikan etika moral, ajaran para insan suci dan bijak, sekarang tidak ada lagi, orang masa kini tidak mempercayainya. Jaman dulu praktisi Ajaran Buddha banyak yang berhasil, sekarang makin sedikit, apa alasannya? Keyakinan hati yang tidak sama.

Orang jaman dulu memiliki keyakinan penuh, orang jaman sekarang malah merasa curiga, meskipun yakin, namun keyakinannya mengandung kecurigaan, orang serupa ini jumlahnya banyak. Jika memiliki keraguan maka tidak bisa berhasil, kehidupan kali ini hanya memupuk segelintir akar kebajikan, menanti lagi kelahiran-kelahiran berikutnya.

Kapan baru bisa berhasil? Kapan anda tidak ragu lagi maka anda akan meraih keberhasilan. Jika masih ada keraguan, maka takkan bisa terlahir ke Alam Sukhavati, kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2015 


科學技術有所發明,給我們帶來很多便利,但是副作用太大,現代人感受到了。發展科學要付出什麼樣的代價?這兩個一比較,我們就很明顯的覺察到,得不償失,我們得到的不多,我們付出的太大。所以現在的人一生,從出生到老死,你享受幾天樂?細心觀察,一天都沒享受到,都在苦難當中度過,人生在世沒有方向、沒有目標。古時候比我們好,為什麼?有聖賢教誨,現在沒有了,現在人不相信。古時候學佛成就的人多,現在學佛成就的人少,什麼原因?信心不一樣。古人信,今人有懷疑,雖然信,他還是有懷疑,半信半疑,這樣的人居多數。有疑就不能成就,這一生修一點善根,等來生後世。什麼時候有成就?什麼時候不懷疑,遇到了就有成就。遇到了懷疑,不會有成就,不能往生,這個道理我們不能不知道。

文摘恭录  -  二零一四淨土大經科註  (第一六0集)  2015/1/9