Rabu, 25 Februari 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Januari 2015



Masyarakat Tionghoa memiliki tradisi sembahyang Kaisar Giok (Kaisar Langit atau Raja Sakra atau Raja Dewa atau Thi Kong), di dalam Ajaran Buddha, Kaisar Giok mendiami surga tingkatan ke berapa? Buddha membabarkan bahwa Alam Dewa atau Alam Surga terdiri atas 28 tingkatan, Kaisar Giok mendiami Alam Surga tingkatan kedua.

Alam Dewa atau Alam Surga tingkatan pertama (paling rendah) adalah Catummaharajika Bhumi, di atas Catummaharajika Bhumi adalah Alam Surga tingkatan kedua yakni Tavatimsa Bhumi, Raja Surga Tavatimsa, orang Tionghoa menyebutnya sebagai Kaisar Giok, Alam Surga yang didiami Beliau masih termasuk dalam Kamaloka.

Kamaloka adalah alam dimana penghuninya masih belum memutuskan “Tujuh perasaan emosional” (suka, marah, sedih, gembira, cinta, benci, nafsu keinginan) dan Panca Kamah (gemar akan harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur), namun lebih sedikit hambar bila dibandingkan dengan Alam Manusia, tidak begitu melekat seperti di Alam Manusia. Alam Surga di Kamaloka terdiri dari 6 tingkatan, semakin tinggi ke atas kemelekatan tersebut akan semakin hambar.

Dari Alam Dewa atau Alam Surga tingkatan yang paling rendah, yakni Catummaharajika Bhumi, kemudian ke atas ada surga tingkatan kedua yakni Tavatimsa Bhumi, kemudian ke atas lagi ada Yama Bhumi, ini merupakan surga tingkatan ketiga. Surga tingkatan keempat adalah Tusita Bhumi, Bodhisattva Maitreya berdiam di Surga Tusita, Beliau menunggu hingga waktunya tiba, Bodhisattva akan turun ke dunia untuk mencapai KeBuddhaan dan membabarkan Dharma, serupa dengan Buddha Sakyamuni.

Kapan Bodhisattva Maitreya akan turun ke dunia? Beliau sekarang masih berada di Surga Tusita, ketika usia Beliau di Surga Tusita sudah berakhir, maka Bodhisattva akan turun ke dunia. Usia di Surga Tusita sangat panjang, sehari di Surga Tusita setara dengan 400 tahun di Alam Manusia, setahun juga dihitung 365 hari, sementara usia mencapai empat ribu tahun waktu Surga Tusita.

Maka itu bila dikalkulasi berdasarkan waktu di dunia manusia, maka jumlah ini merupakan angka yang mengejutkan orang, Bodhisattva Maitreya akan datang ke dunia 5,67 miliar tahun lagi, untuk mencapai Kebuddhaan. Ada orang yang mengatakan bahwa Bodhisattva Maitreya telah datang ke dunia, ini adalah tidak benar. Buddha Sakyamuni membabarkannya dengan sangat jelas di dalam sutra.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Januari 2015



中國人民間都拜玉皇大帝,玉皇大帝在佛教裡屬於哪一層天?佛說天有二十八層,玉皇大帝在第二層。第一層四王天,四王天上面就是忉利天,忉利天主,中國人稱他作玉皇大帝,他屬於欲界。所謂欲界就是七情五欲沒斷,比我們人間要淡一點,沒有我們這麼執著,淡一點。欲界有六層天,一層比一層淡。往上去有夜摩天,第三層。第四層兜率天,彌勒菩薩住在兜率天,兜率是梵語,翻成中國的意思叫知足,他在那裡等待時節因緣到了,他就到我們這個地球上來示現八相成道成佛,像釋迦牟尼佛那個樣子。什麼時候來?他現在在兜率天,兜率天壽命終了的時候,他就下來了。兜率天的壽命很長,有時差,兜率天的一天是我們人間四百年,一年也算三百六十日,壽命四千歲,是兜率天的四千歲。所以要合我們地球上來算,這個數量大得驚人,大概是五十六億七千萬年,彌勒菩薩到這個世間來示現成佛。有人說現在彌勒已經來了,這個是不確實的。世尊在《彌勒上生經》、《下生經》講得很清楚。


文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一七三集)  2015/1/30