Sabtu, 29 Agustus 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Agustus 2015



Diantara tiga jenis dana (Amisa Dana, Dharma Dana dan Abhaya Dana), haruslah diketahui bahwa Dharma Dana adalah yang utama, sedangkan Amisa Dana (dana materi) dan Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk) adalah merupakan pelengkap, yang paling penting adalah Dharma Dana.

Di dalam Dharma Dana telah mencakup dana materi, meskipun kita tidak memberikan orang lain uang, tidak sanggup menyelesaikan kesulitan kehidupannya, maka kita dapat membagi ceramah Dharma padanya, kita menggunakan semangat kita, kita menggunakan tenaga kita, menggunakan waktu kita, inilah yang disebut dengan dana materi internal. Tentu saja dana materi internal ini lebih unggul daripada dana materi eksternal.

Maka itu setelah anda memahami dengan jelas tentang hal ini barulah dapat timbul perasaan sukacita. Setelah berdana dengan penuh sukacita maka anda telah menyelamatkan orang ini, benar-benar telah menyelamatkannya. Dengan mengamalkan tiga jenis dana ini barulah sumber keuangan akan datang mengalir tanpa henti, jiwa raga sehat, berbahagia dalam Dharma, senantiasa diliputi perasaan sukacita.

Maka itu haruslah menasehati orang lain untuk melafal Amituofo, jangan hanya mementingkan diri sendiri saja, tetapi harus juga menyelamatkan sanak keluarga, bila keluarga sendiri saja tidak sanggup diselamatkan, bagaimana mungkin bisa menyelamatkan orang lain? Tetangga dan orang sedusun juga harus diselamatkan, lebih luas lagi, kalangan masyarakat, negara, hingga seluruh dunia. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Agustus 2015


我們在三種布施裡頭,一定要知道,法布施是主要的,財跟無畏那是配當的,最重要的是法布施,決定不能沒有法,沒有財沒有關係,決定不能沒有法。法布施太殊勝了!法裡面包含著有財,即使我們沒有給人家一分錢,不能解決他現前生活的環境,我們說法,我們用我們的精神,用我們的體力,用我們的時間,這叫內財布施。內財比外面外財果報還殊勝。都得搞清楚,你才喜歡。你要真正能把這個事情講清楚、講明白、講透徹,讓他歡喜布施,你就救了這個人,真的救了。為什麼?只要他肯修三種布施,這個人財用就源源不斷而來,身心健康,法喜充滿,這是人都歡喜的。
所以一定要勸人,不要只顧自己,要顧我們家親眷屬,度人先度自家人,自己家人度不了,你怎麼能度別人?鄰里鄉黨都要照顧,再擴大,社會,國家,民族,乃至於全世界。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二三八集)  2015/8/21