Jumat, 03 Juli 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2015



Melafal Amituofo lebih praktis daripada menjalankan Enam Paramita, apakah dengan melafal Amituofo dapat menyempurnakan Enam Paramita? Tentu saja bisa.

Coba lihat butir pertama dari Enam Paramita adalah Dana Paramita. Kita sendiri melatih membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, jasa kebajikan dari nama Buddha adalah tak terhingga dan tanpa batas, menyempurnakan jasa kebajikan yang tak terhingga diri sendiri.

Memberi contoh teladan dalam bentuk nyata, ini adalah dana yang memiliki jasa kebajikan yang tak terhingga.

Butir kedua dari Enam Paramita adalah Sila Paramita. Di dalam pelaksanaannya, praktisi Aliran Sukhavati menjalankan “Lima Bidang Pelajaran” yakni tiga berkah karma suci, enam keharmonisan dalam hidup bersama, “sila, samadhi dan prajna”, Enam Paramita, sepuluh tekad Bodhisattva Samantabhadra, dengan demikian pelaksanaan sila jadi sempurna.

Butir ketiga dari Enam Paramita adalah Ksanti Paramita atau kesabaran. Menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya secara berkesinambungan dalam jangka panjang, dengan demikian menyempurnakan Ksanti Paramita.

Butir keempat dari Enam Paramita adalah Virya Paramita atau ketekunan. Membaca sutra hingga ribuan kali, maknanya akan muncul dengan sendirinya, dengan demikian menyempurnakan Virya Paramita.

Butir kelima dari Enam Paramita adalah Dhyana Paramita atau menfokuskan perhatian. Sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan, selamanya takkan berpaling lagi, dengan demikian menyempurnakan Dhyana Paramita, baik samadhi maupun prajna juga sudah termasuk di dalamnya.   

Butir keenam dari Enam Paramita adalah Prajna Paramita atau kebijaksanaan.

Maka itu, sepatah Amituofo merupakan landasan dari segala jasa kebajikan, Bodhisattva menyempurnakan Enam Paramita. Hari ini kita memilih melafal Amituofo, dari melafal Amituofo mengalir keluar pelaksanaan Enam Paramita, merupakan sumber untuk menimbun jasa kebajikan secara berkesinambungan, bila dibandingkan dengan Bodhisattva yang menjalankan Enam Paramita adalah serupa dan tiada bedanya. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2015


佛號比六度萬行方便多了,這佛號真能具足嗎?真能。你看六波羅蜜,布施,我們自己修信願持名,名號功德無量無邊,成就自己的無量功德,身行言教,那是布施無量功德。持戒,這是道共戒,比定共戒還要高、還要圓滿,又何況我們淨宗同學,行門五門功課是我們的戒律,淨業三福、六和、三學、六度、普賢十願,持戒圓滿。一門深入,長時薰修,忍辱波羅蜜。讀書千遍,其義自見,精進波羅蜜。一句佛號,永不拐彎,禪定波羅蜜,定慧都在其中。所以,確確實實是一切功德之本,菩薩圓滿的六度。我們今天選擇的佛號,從佛號當中流出六度萬行,為眾德本原,跟一般具足六度萬行的菩薩無二無別。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第二O三集)  2015/6/24