Jumat, 15 Mei 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2015


Andaikata anda menginginkan kenikmatan hidup manusia tertinggi yang sesungguhnya, yakni hati yang jernih tanpa keinginan, ini sangat penting. Hati yang suci tanpa noda sama sekali, takkan terpengaruh oleh kondisi luar, menggunakan ketulusan hati. Nafsu keinginan telah dilepaskan keseluruhannya, nafsu keinginan adalah akar sumber dari kekotoran batin, ketika nafsu keinginan telah dilepaskan maka kekotoran batin takkan ada lagi, maka di dalam pikiran akan muncul kebijaksanaan dan takkan timbul kekotoran batin.

Manusia yang memiliki nafsu keinginan mudah terpengaruh oleh lingkungan luar, hanya akan timbul kekotoran batin dan takkan muncul kebijaksanaan. Belajar Ajaran Buddha harus serius mengamalkannya, praktisi yang benar-benar mengamalkannya jumlahnya tidak banyak, amat sedikit, sedangkan yang munafik jumlahnya banyak, yang tulen jumlahnya sedikit.        

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2015


你要想真正享受到人生最高的享受,清心寡欲,這個非常重要。心地清淨,一塵不染,不受外面境界影響,用真心。欲望完全放下了,沒有欲望,欲望是煩惱的根源,欲望放下,煩惱就沒有了,這個心生智慧不生煩惱。人要有欲望,很容易受外界的感染,他只生煩惱不生智慧。學佛要真幹,真幹的人不多,很少,幹假的多,幹真的少。

發大誓願(第二回)  (第一集)  2015/5/5  日本四季之湯溫泉遺產酒店  檔名:21-742-0001









Manusia harus bisa melatih diri di dalam penderitaan dan kesusahan, ini adalah ketrampilan yang sebenarnya. Andaikata seorang manusia sejak kecil sudah memelihara kebiasaan ini, ketika dia bertemu dengan segala bentuk kemegahan, dia takkan menaruhnya di dalam hati, di hatinya takkan timbul ketamakkan. Andaikata sejak kecil tidak ditanam bentuk pendidikan dasar seperti ini, maka ketika godaan harta, rupa, ketenaran dan keuntungan ada di hadapannya, berapa orang yang dapat melewati rintangan ini? Hanya akan ditebas oleh godaan-godaan tersebut.      

Sejak jaman dulu hingga sekarang, perumpamaan-perumpamaan seperti ini sudah terlalu banyak. Kita harus ingat bahwa manusia harus sanggup menahan derita, seperti kata pepatah “Manusia yang sanggup menjalani penderitaan merupakan manusia yang lebih unggul”, jika tidak sanggup menahan derita, bagaimana boleh?

Maka itu, apa yang diajarkan di dalam pendidikan budi pekerti, pendidikan moral etika, hubungan antar manusia yang beradab, Hukum Karma, anda dapat mengerti dengan jelas, setelah memahaminya anda dapat mengendalikan dan membatasi diri, tidak berani keterlaluan. Bila tidak tahu membatasi diri, maka tidak ada satu orangpun yang tidak menciptakan karma buruk. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Mei 2015
􀀍

人必須要在苦難當中去磨鍊,這是真功夫。他從小養成習慣了,遇到這些功德莊嚴,他不放在心上,他不會生起貪心。沒有這種基礎的扎根教育,真的,財色名利擺在面前,幾個人能過這個關?都被這個東西淘汰掉了。古今中外例子太多,我們要記住。人要叫他吃苦,所謂「吃得苦中苦,方為人上人」,不能吃苦怎麼行?所以,倫理教育講關係,道德教育給你講理,人情事理,因果教育講報應,你統統搞清楚、搞明白了,你會約束自己,不敢過分。不知道約束自己的,沒有一個不造業。

發大誓願(第二回)  (第一集)  2015/5/5  日本四季之湯溫泉遺產酒店  檔名:21-742-0001
􀀍