Selasa, 21 Juli 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2015



Ada sebagian praktisi yang ketika tidak sedang melafal Amituofo, katanya sepertinya tidak ada timbul bentuk-bentuk pikiran, tetapi begitu melafal Amituofo maka bentuk-bentuk pikiran segera muncul. Ini adalah salah paham.

Sebenarnya saat tidak sedang melafal, anda tidak menyadari bentuk-bentuk pikiran yang muncul, anda tidak memperhatikannya, maka itu anda tidak tahu bahwa adanya bentuk-bentuk pikiran.

Tetapi begitu anda mulai melafal Amituofo maka bentuk-bentuk pikiran itu mulai bermunculan. Jadi bukan karena anda melafal Amituofo maka bentuk-bentuk pikiran jadi bermunculan.

Bentuk-bentuk pikiran ini memang sudah ada, ketika anda tidak melatih diri, anda tidak memperhatikannya, tetapi begitu anda melatih diri, anda jadi menemukannya. Maka itu hal ini adalah gejala biasa, sebagian besar manusia juga memiliki pengalaman ini, orang sekarang ada, orang tempo dulu juga ada.

Caranya adalah jangan mempedulikannya, biarkan saja, semakin anda peduli padanya maka akan semakin banyak, jangan mempedulikannya, melafal Amituofo dengan setulusnya, dengan memusatkan perhatian ke dalam lafalan Amituofo, lama kelamaan bentuk-bentuk pikiran akan semakin berkurang, kebijaksanaan akan berkembang.
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2015

有一些同學,不念的時候,他說我好像沒有妄念,一念的時候,把妄念全念出來了。這是一種錯覺,不念的時候,妄念多你沒有覺察到,你沒有注意到,所以你不知道你有妄念。這一念佛,或者一打坐,只要一靜坐,它就出現。絕對不是靜坐生妄念,念佛起妄念,不是的。妄念本來存在,你不用功你不能覺察,用功發現了,是這麼個道理。所以這是正常現象,許許多多人都有,現在人有,古人也有。方法就是不要理它,隨它去,你愈理愈多,不要去理它,老實念佛,把注意力都著重在佛號上,時間久了妄念少,智慧就增長。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一二集)  2015/7/13








Tinggi rendahnya tingkatan bunga teratai yang dicapai adalah tergantung pada dalam atau dangkalnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki, jadi bukan pada banyak atau sedikitnya jumlah lafalan, tetapi dangkal atau dalamnya ketrampilan yang dimiliki.

Dalam atau dangkalnya ketrampilan ini berkaitan dengan keyakinan dan tekad, khususnya dengan tekad. Apa itu tekad? Yakni bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Terhadap dunia ini haruslah semakin hambar, tidak boleh mendambakannya, harus ikhlas.

Jika masih mendambakan dunia ini, meskipun bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, namun tingkatan bunga teratainya akan sangat rendah, tidak tinggi. Maka itu yang dipersoalkan adalah dalam atau dangkalnya ketrampilan yang dimiliki, bukan berapa banyak jumlah lafalan.

Tentu saja berapa banyak jumlah lafalan, ini adalah salah satu cara untuk membina ketekunan diri sendiri.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2015
  
品位高下是念佛功夫的淺深,也不是念佛功夫多少,念佛功夫淺深。功夫淺深跟信願有關係,特別是跟願。願是什麼?求生淨土。對這個世間要淡化,不能留戀,要看破。如果對這個世間有留戀,縱然往生,品位很低,不高。所以講功夫淺深,不講念佛多少。當然念佛多少,它是自己用功的方法。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一二集)  2015/7/13









Berapa banyak praktisi pelafal Amituofo yang memiliki keyakinan bahwa dirinya pasti bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Ketika usia kami masih muda, kami pernah mendekati Master Chan Yun, yang merupakan salah seorang praktisi terkemuka di Taiwan.

Saya bertanya padanya, sebagai praktisi pelafal Amituofo, apakah master memiliki keyakinan pasti bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Beliau menjawab dengan sejujurnya, tidak punya kepastian.

Mengapa Master Chan Yun tidak memiliki keyakinan bahwa dirinya pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Oleh karena beliau memiliki sebuah gubuk pelatihan diri, meskipun keadaannya sangat sederhana, di dalamnya tinggal lima orang, Master Chan Yun harus mengurus orang, menangani urusan, juga harus memenuhi undangan dari umat, bila tidak, maka darimana sumber pemasukan dana, semua ini merupakan kerisauannya.

Maka itu kami jadi terpikir bahwa semakin besar vihara maka semakin banyak pula kerisauannya. Dalam mempelajari Ajaran Buddha, hati yang suci merupakan persoalan utama.        

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2015

幾個人念佛有把握?我們年輕時候親近懺雲法師,這在台灣是很難得的一個大德,我向他請教,我說老法師念佛,往生有沒有把握?他給我們說實話,沒有把握。為什麼沒有把握?他有個茅蓬,雖然很簡陋,裡面住了五個人,他也要管人,也要管事,也要跟信徒們應酬,要不然供養沒有來源,這些都是他的煩惱。所以我們才想到,道場愈大,煩惱愈多。學佛清淨心是第一關口。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一二集)  2015/7/13