Jumat, 22 Mei 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015



Niat pikiran apa yang terbaik? Yakni Amituofo, niat pikiran inilah yang paling bagus! Tiada lagi niat pikiran lain yang dapat melampauinya, barulah anda menyadari bahwa betapa besarnya jasa kebajikan dari melafal Amituofo! Tentu saja jasa kebajikan ini dinikmati kembali oleh diri sendiri.

Melafal Amituofo mendatangkan kesehatan dan panjang umur. Seperti Master Hai Xian yang memiliki usia yang amat panjang, menurut pandanganku, usianya paling tidak hanya bisa mencapai 70 atau 80 tahun saja, bagaimana mungkin bisa hidup hingga mencapai lebih dari seratus tahun?

Ini adalah permintaan dari Buddha Amitabha supaya dia tinggal lebih lama di dunia ini, untuk memperlihatkan kepada praktisi lainnya sebuah teladan yang baik, sehingga kita dapat lebih memperteguh keyakinan hati. Dan apakah kita sendiri juga bisa serupa dengan Master Hai Xian? Tentu saja bisa, kita bisa mewujudkannya.

Tinggal lebih lama di dunia ini bukan untuk diri sendiri namun untuk para makhluk, membantu mereka agar membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015

  最好的念頭是什麼?沒人知道,你們曉不曉得?阿彌陀佛,這個念頭最好!世出世間沒有更好的念頭能超過它,然後你才知道這念佛多大的功德!誰受?自己受。這句佛號念什麼?健康長壽。海賢老和尚有那麼長的壽命嗎?我的看法,他的壽命也不過就是七老八十,怎麼可能活到一百多歲?這是阿彌陀佛要求他的,叫他在這個世間多住幾年,做個好樣子給學佛人看,做個好樣子給念佛人看,讓我們增長信心,這大慈大悲。他能做得到,為什麼?他念頭能管用。我們能不能做?能,像他那樣就能做到。住世時間長不為自己,為眾生,為幫助眾生。

文摘恭录 發大誓願(第二回)  (第六集)  2015/5/12









Apabila kekotoran batin (klesa) masih belum terputus, maka harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma saja; setelah kekotoran batin dikikis barulah boleh belajar aneka ragam. Kita selalu melihat praktisi yang tekun belajar, sebelum jadi terkenal dia masih rendah hati, begitu namanya tenar langsung jadi angkuh, memandang rendah pada orang lain. Mengapa demikian? Karena bahan yang dia pelajari sudah terlalu beragam dan campur aduk, pengetahuannya luas, semakin beragam yang dia pelajari, maka kekotoran batinnya semakin berat, pada akhirnya satu bidang pun tidak berhasil, malah sebaliknya menjadi rintangan bagi usahanya untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Hanya dengan semangat dan ketekunan barulah bisa mencapai samadhi, dengan mencapai samadhi barulah bisa memperoleh prajna kebijaksanaan, kita seharusnya mempergunakan standar ini, maju dengan gigih dan takkan mundur.

Manusia hendaknya senantiasa memelihara kerendahan hati dan rasa hormat, seperti kata pepatah “Seiring mendalamnya ilmu pengetahuan yang dimiliki, pikiran jadi seimbang”, semakin merasa rendah hati. Jadi bukan semakin mendalam ilmu pengetahuan yang dimiliki maka semakin merasa sombong, memandang rendah pada orang lain, ini adalah kekotoran batin, ini bukan lagi kebijaksanaan, melangkah di jalan yang menyimpang, hal ini patut dipahami.

Di dalam masyarakat terdapat banyak orang sedemikian, bila kita bertemu dengan mereka, kita hanya memberi sikap hormat dan pujian, lalu cepat-cepat menghindar dan menjauh, tidak menjalin permusuhan dengannya. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015

煩惱不斷,要專修一門;煩惱斷了,才能廣學多聞。往往看到一個人用心修學,未出名時人還很謙虛,在一出名之後就貢高我慢,瞧不起人。為什麼?因為他學的東西太多了,博學多聞,學得愈多,煩惱愈重,到後來一事無成,反而障礙了往生。唯有精進才能得定,定是樞紐,慧是目的,最後是般若智慧,我們也應該依此標準,堅固不退。這個話說得很淺顯、很白,一看就懂,真的非常重要。人永遠要謙虛、永遠要恭敬,古人所說的「學問深時意氣平」,愈謙虛。沒有說是學問愈深,傲慢愈重,這眼睛慢慢長到頭頂上去,看不到人了,那是煩惱,那不是智慧,那是完全走錯了路,這個我們要知道。這個社會上那種人很多,我們碰到他,只有恭敬讚歎,趕快遠遠離開,不跟他結冤仇。

文摘恭录 發大誓願(第二回)  (第六集)  2015/5/12  









Praktisi yang akan terlahir ke Alam Sukhavati harus menanti hingga melihat Buddha Amitabha muncul datang menjemput barulah boleh ikut denganNya. Andaikata saat menjelang ajal bukan Buddha Amitabha yang datang menjemput, maka tidak boleh ikut dengannya, harus menanti hingga Buddha Amitabha muncul melakukan penjemputan. Jadi harus memiliki kekuatan samadhi yang tak tergoyahkan, harus mempunyai keyakinan hati.

Andaikata saat menjelang ajal yang datang ternyata bukan Buddha Amitabha, melainkan Buddha Sakyamuni atau malah Buddha Bhaisajyaguru yang datang menjemput, maka ini adalah jelmaan Mara, jadi bukan Buddha tulen, Mara datang untuk mengelabuimu, jika anda mengikutinya maka anda sudah masuk perangkapnya, ini harus dipahami.

Maka itu keyakinan hati harus amat mencukupi, dengan demikian pasti takkan mengalami kemunduran. Avaivartika adalah Bahasa Sansekerta yang bermakna ketidakmunduran.
           
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015

只要是往生的人,決定臨終見佛接引,你才能跟他去,臨終不是佛來接引,就不能跟他去,一定要等佛來接引。這個要有定力,要有信心。臨終來個不是阿彌陀佛,釋迦牟尼佛來接引,藥師如來來接引,那個釋迦牟尼佛、藥師佛都是魔變現的,不是真的,他來騙你,你跟他去就上大當了,這個一定要懂。所以信心要很足,這個決定不退轉。阿惟越致是梵語,就是不退轉。

文摘恭录 發大誓願(第二回)  (第六集)  2015/5/12  



  






Bagi praktisi Aliran Sukhavati, cukup melafal Amituofo saja, jasa kebajikan dari sepatah Amituofo ini sungguh tak terbayangkan. Sepatah Amituofo ini telah mencakup keseluruhan nama para Buddha dan Bodhisattva di seluruh Alam Dharma dan semesta alam. Maka itu dengan melafal sepatah Amituofo telah melafal keseluruhannya, tak perlu lagi melafal ini dan itu lagi, semuanya sudah tercakup di dalam sepatah Amituofo ini, dengan demikian barulah hati anda akan merasa tenang dan mencapai samadhi.

Bahkan semua ajaran sutra juga sudah tercakup di dalamnya, tidak hanya ajaran dari Buddha Sakyamuni atau Buddha Amitabha saja, namun ajaran sutra dari para Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru juga sudah tercakup di dalam sepatah Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015

淨土宗來說,那就是執持名號,一句名號功德不可思議。前面多次宣講,大家總要記住,這一句佛號包括遍法界虛空界一切諸佛菩薩的名號都在其中。所以念這一句佛號,全念到了,不要再去念這個、念那個,不需要,統統都包括了,心是定的。一切經教也包括在其中,不但是釋迦、彌陀,遍法界虛空界十方三世一切諸佛所說的一切經教也在這一句名號當中。

文摘恭录 發大誓願(第二回)  (第六集)  2015/5/12  










Di Taipei ada seorang sahabat Dharma dari sebuah perkumpulan pelafal Amituofo, yang bernama Upasaka Li Ji-hua, suatu hari ketika sedang berkumpul dengan rekan-rekannya, dia memberi sharing kepada para sahabat Dharma selama satu setengah jam, suaranya nyaring, setelah selesai dia pamit dan berkata, saya hendak pulang ke rumah.

Para sahabat Dharma mengira Upasaka Li Ji-hua yang sudah berusia lebih dari 80 tahun hendak pulang rumah untuk beristirahat, namun tak terduga ketika dia turun dari podium, di belakang podium adalah ruang tamu perkumpulan tersebut, begitu duduk di sofa dia sudah meninggal dunia, terlahir ke Alam Sukhavati, begitu bebas dan leluasanya! Jadi tak terduga bahwa begitu dia turun dari podium menuju ruang tamu, duduk di atas sofa dan meninggal dunia.

Ada orang yang berkata bahwa sejak dua atau tiga bulan yang lalu,  Upasaka Li Ji-hua sudah mengetahui bahwa ajalnya hampir tiba, pada Hari Minggu dia berkunjung dan bercengkerama dengan sahabat lamanya, seolah-oleh hendak pamit rupanya.

Peristiwa ini meskipun saya tidak menyaksikannya secara langsung, setelah Upasaka Li Ji-hua wafat, sahabat Dharma dari perkumpulan tersebut mengundang diriku untuk menceramahkan Amitabha Sutra di perkumpulan mereka, saya memenuhi undangan mereka, bahan ceramah yang saya gunakan adalah penjelasan Amitabha Sutra karya Master Ou Yi, maka itu memerlukan waktu yang panjang, sehingga saya mendengar secara langsung kisah Upasaka Li Ji-hua melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, jadi ini adalah nyata adanya.                 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015


 台北蓮友念佛團有一位李濟華老居士,有一次在集會的時候,向蓮友講了一個半小時,聲音宏亮,講完之後向大家說,我要回家了。大家以為他年歲大了,八十幾歲,要回家休息,沒想到他下了講台,講台後面是小會客室,在沙發上一坐,他就往生了,他就走了。這自在!所以沒想到他下講台到客廳,在沙發上一坐就往生了。有人說,他二、三個月之前就知道自己要走,星期假日到老朋友家處去聊聊天,似有惜別之意。這樁事情,我雖然那一天沒有看到,他老人家往生之後,蓮友念佛堂的同修們邀請我在他們那裡講《彌陀經》,我在那講過一部《彌陀經》,用的是蕅益大師的《要解》,所以時間也很長,對於李濟華老居士念佛往生的事情親耳所聞,絕對不是誤會,是真的。

文摘恭录 發大誓願(第二回)  (第六集)  2015/5/12