Sabtu, 22 Agustus 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2015



Kita ini disebut sebagai kaum intelektual, kaum intelek merupakan golongan yang paling sulit diselamatkan, khayalannya, perbedaan dan kemelekatannya lebih parah. Tidak lebih baik dibandingkan dengan Oma-Oma di perdesaan, lansia-lansia ini tidak memiliki bentuk-bentuk pikiran, setiap hari asalkan cukup makan dan pakaian, tidur dengan nyenyak, maka dia takkan banyak pikiran lagi.

Sedangkan diri kita ini begitu banyak bentuk-bentuk pikirannya, di dalam masyarakat sekarang ini begitu banyak orang yang tidak bisa tidur di malam hari, oleh karena bentuk-bentuk pikirannya yang banyak, harus menelan pil tidur barulah bisa terlelap, setiap hari juga harus mengkonsumsinya, jika tidak menelan pil tidur maka tidak bisa terlelap, harus menggunakan obat bius untuk membius syaraf otak sendiri, barulah dia bisa beristirahat, bayangkan betapa kasihannya! Siapa saja mereka ini? Orang kaya.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2015

我們這些叫知識分子,知識分子是最難度的,妄想、分別、執著特別嚴重。不如農村裡頭的老太婆,她沒有妄想,每天吃飽了、穿暖了,睡得很舒服,她沒有妄念,我們妄念太多了。這個社會,多少人晚上不能睡眠,妄念太多,要吃安眠藥,天天都要吃,不吃安眠藥他就不能睡覺,必須用麻醉藥把他的腦神經麻醉了,他才能休息,你說多可憐!這些是什麼?富貴人。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二三五集)  2015/8/16







Guruku (Upasaka Li Bing-nan) pernah memberitahu padaku bahwa praktisi yang telah berhasil mencapai pencerahan besar adalah mereka yang dapat menguasai Tripitaka tanpa halangan. Selain itu dapat menguasai ajaran satu aliran, semua sutra dan sastra yang berkaitan dengan aliran tersebut dapat dikuasainya tanpa rintangan, inilah praktisi yang telah mencapai pencerahan besar. Sedangkan praktisi yang telah berhasil mencapai pencerahan kecil adalah mereka yang dapat menguasai satu sutra dan satu sastra.

Dari sini dapat diketahui bahwa dalam masyarakat sekarang ini, untuk mencapai pencerahan kecil merupakan suatu hal yang amat sulit, untuk mencari seorang praktisi yang takkan goyah oleh pengaruh lingkungan luar adalah sulit, kondisi masyarakat kini sudah berubah.

Dua ratus tahun yang lalu, ketenaran dan keuntungan, dua aksara ini tidak berani diucapkan keluar oleh kaum terpelajar, memalukan sekali, tidak seperti sekarang ini, Panca Kamah (kegemaran akan harta benda, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Sad Visayah (rupa, suara, bau, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), malah berani diucapkan keluar. Tiada merasa malu, betapa menakutkannya hal ini !

Lima jenis hubungan manusia yang beradab dan Lima kebajikan Ajaran Konfusius, Delapan Moralitas, ajaran yang diwariskan oleh leluhur kita, kemudian Ajaran Buddha yakni Trisarana, Lima Sila, Sepuluh Kebajikan, Enam prinsip keharmonisan dalam Sangha dan Enam Paramita, kini tidak ada orang yang mau mempelajarinya lagi; bukan hanya tidak ada lagi yang mau belajar, bahkan insan yang menceramahkannya juga tidak ada lagi, bayangkan betapa parahnya persoalan ini! Inilah hal yang kami khawatirkan.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2015


老師過去告訴我,徹悟是三藏十二分教完全通達,沒有障礙,那是大徹大悟;能夠通達一個宗派的,與這個宗派有關聯的這些經論都能通達,這是大悟;小悟是通達一經一論。由此可知,在今天的社會求小悟就很難,求一個能夠不受外面環境影響的不容易找到,社會變了。兩百年前,名利這兩個字讀書人說不出來,難為情,哪裡像今天,五欲六塵,財色名食睡擺在口頭上,沒有感到羞恥,這個多可怕!老祖宗所傳的五倫五常、四維八德,佛所傳的三皈、五戒、十善、六和、六度沒人學了;不但學的人沒有了,講的人都沒有了,你說這個問題多嚴重!我們憂慮就這樁事情,沒有別的。



文摘恭錄  二零一四淨土大經科註  (第二三五集)  2015/8/16