Kamis, 30 Juli 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015



Tahun-tahun sebelumnya ketika saya masih berada di Amerika, saya menyusun Lima Mata Pelajaran Wajib bagi praktisi Aliran Sukhavati. Di Los Angeles saya tinggal di vihara Master Yin Hai, dia amat memuji ketika melihat Lima Mata Pelajaran Wajib kami ini, sederhana dan ringkas, mudah diingat, setiap hari menggunakannya untuk bercermin.

Mata pelajaran ke-1 adalah Tiga Berkah Karma Suci.

Tiga Berkah Karma Suci adalah :
Berkah pertama : “Berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan senior, welas asih tidak membunuh, mengamalkan Sepuluh Kebajikan”.  
Berkah kedua :  “Mengambil Visudhi Trisarana, mengamalkan sila, tidak melanggar tata krama”.
Berkah ketiga : “Membangkitkan Bodhicitta, yakin pada Hukum Karma, membaca Sutra Usia Tanpa Batas, menasehati orang lain mempelajari Ajaran Sukhavati.      

Menasehati orang lain mempelajari Ajaran Sukhavati adalah yakni suka membantu orang lain, menasehati orang lain agar belajar Ajaran Buddha, menasehati orang lain agar membangkitkan keyakinan dan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Tiga Berkah Karma Suci terdiri dari sebelas butir, sepuluh butir adalah diperuntukkan bagi diri sendiri dan satu butir lagi adalah menasehati insan lainnya.

Mata pelajaran ke-2 adalah Enam Prinsip Keharmonisan Sangha
Mata Pelajaran ke-3 adalah Sila, Samadhi dan Prajna
Mata Pelajaran ke-4 adalah Sad Paramita
Mata Pelajaran ke-5 adalah Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra.

Harus mengamalkan  Lima Mata Pelajaran Wajib dengan bersungguh-sungguh, setiap saat harus mempergunakannya untuk bercermin. Setiap kali muncul niat pikiran maka segeralah bercermin, bolehkah niat pikiran ini timbul?

Bila kita dapat menggenggam Lima Mata Pelajaran Wajib ini, maka kita memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


早年,在美國、在加拿大,我們修這五科。在洛杉磯我住在印海法師的道場,他看到我們五科非常讚歎,簡單扼要,好記,時時刻刻用來對照。三福,「孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業」,這第一條;第二條,「受持三皈,具足眾戒,不犯威儀」;第三條,「發菩提心,深信因果,讀誦大乘,勸進行者」。最後這一句勸進行者,就是喜歡幫助別人,勸別人學佛,勸別人信願,勸別人發心求生淨土。總共十一句,你看,十句是為自己,最後是勸進行者。其他的,六和敬、三學戒定慧、六度、普賢十願,要認真,時時刻刻要把這個東西拿出來對照。速度要快,念頭才起,馬上給它印一下,這念頭能不能起?惡念,趕快把它打消,不能起,善念可以,惡行、惡口都不可以。我們能夠把這五條基本的抓住,往生就有分。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20









  

Pendidikan Hukum Karma harus dipahami sepenuhnya, dalam kehidupan ini kita menebar benih karma baik maka kelak akan menikmati buah karma yang baik pula. Maka itu janganlah menebar benih karma buruk, karena akan mendatangkan pembalasan, ini adalah masalah besar!

Sekarang mendapat perlakuan yang tidak adil, janganlah ditaruh di hati, maka buah karma buruk kita sudah habis terbalas. Maka itu harus berterimakasih, karena ini bukanlah hal yang buruk. Harus melihatnya dengan jelas, mengamatinya secara mendalam dan memandang ke arah yang jauh, sebaliknya bila hanya melihat yang berlaku pada saat sekarang, maka anda akan timbul kebencian, sehingga masalah jadi besar.

Oleh karena anda memiliki kebencian sehingga pada masa kelahiran mendatang anda melakukan balas dendam pada dia, dia juga tidak memahami mengapa diperlakukan sedemikian, maka menyimpan dendam ini di hatinya, pada masa kelahiran berikutnya dia melakukan balas dendam lagi pada dirimu. Demikianlah kelahiran demi kelahiran saling mendendam dan saling membalas, sungguh kasihan sekali.

Inilah yang diajarkan oleh Ajaran Buddha kepada kita, ikatan permusuhan harus diurai, bukan ada pada dirinya, tetapi ada pada diriku, saya harus mengurai ikatan ini, jika di pihak diriku sudah terurai maka di pihak dia  juga akan ikut terurai.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


因果的教育必須參透,我們這一生有緣修善因,將來感應善果。所以決定不能造惡因,惡因後頭有惡報,麻煩!現在受一點委屈好,我們有罪業報掉了。所以要感恩,不是壞事。要看清楚,看得深、看得遠,如果看表面,你就有怨、就有恨,那個麻煩大了。你有怨恨,來生遇到要報復,你要報復他;他也不了解,也怨恨在心,再來世他又報復你。這樣子冤冤相報,生生世世,可憐,非常可憐。這佛教給我們,怨要解開,要化解,不在他那邊,在我這邊,我這邊化了,他就沒事了。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20



  





  

Di dunia ini segalanya adalah semu, harta benda kita dirampas orang lain, juga jangan taruh di hati; nama baik kita dirusak orang lain, orang lain menciptakan gosip untuk memburukkan dirimu, menghalangimu, juga jangan taruh di hati.

Dia berusaha merintangi diriku, maka saya akan mundur, untuk memenuhi keinginan hatinya, di mana saja kita tetap belajar mundur dan mengalah, tidak bersaing dan berseteru dengan orang lain.

Sehingga keyakinan dan tekad kita terhadap Alam Sukhavati, sehari demi sehari semakin mendalam, ketrampilan kita melafal Amituofo sehari demi sehari semakin maju, jalan yang kita tempuh adalah menuju Alam Sukhavati, sedangkan jalan yang mereka tempuh adalah melanjutkan bertumimbal lahir.

Kita tidak memiliki moral kebajikan, tidak memiliki kebijaksanaan sehingga tidak dapat menyadarkan dirinya, maka itu terhadap dirinya kita takkan mengkritik, juga takkan memujinya, tetapi menghormati dan memberi persembahan padanya. 

Ketika dia ditimpa kesusahan, kekurangan sandang dan pangan, kita mempunyai kelebihan maka kita memberi persembahan padanya, menjaganya, maka ini sudah boleh.

Hanya melihat kebaikan orang lain dan jangan melihat keburukannya, bukannya kamu tidak melihat atau mendengarnya, tetapi tidak menaruhnya di dalam hati, di dalam hatimu senantiasa suci tak ternoda, begini sudah betul.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


這個世間什麼都是假的,我們的財物被人霸佔了,被人奪取了,若無其事,不要放在心上;我們的名譽,人家造謠生事破壞你,障礙你,也若無其事。他障礙我,我就退避,滿足他的心願,處處學退讓,不跟人競爭。讓我們對極樂世界的信願一天比一天深,讓我們的念佛功夫一天比一天精進,我們走的路子是西方極樂世界,他們還繼續搞輪迴。我們沒有德行,沒有智慧,不能幫助他醒悟過來,對他不批評、不讚歎,要恭敬、要供養。他有困難的時候,缺少食物,缺少衣服,我們有多餘的,要供養他,要照顧他,這就行了。只看別人善,不要看到他的惡,不是你沒有看到、沒有聽到,看到、聽到不要放在心上,心裡面沒有被染污,永遠是清淨的,這就對了。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20


  







Melatih diri itu harus di mana? Yakni di lingkungan orang banyak, bagaimana berinteraksi dengan orang lain, di dalam lingkungan begini kita membersihkan klesa (kekotoran batin) dan tabiat. Kesimpulannya adalah takkan timbul perselisihan dengan orang lain.

Untuk melakukannya juga amat mudah, apa yang dia mau saya tidak berminat, sebaliknya apa yang saya mau dia tidak berminat, maka takkan ada pertentangan.

Apa yang saya inginkan? Yakni setiap hari mengembangkan keyakinan dan tekadku, setiap hari lafalan Amituofo tak terputus, inilah yang saya mau, dia takkan mau berebutan hal ini denganku. Apa yang dia mau, tak lain adalah ketenaran dan keuntungan serta nafsu keinginan, inilah yang dia mau, sedangkan saya tidak menginginkannya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2015


學佛在哪裡學?特別是在人事環境,人與人最難相處,在人事環境裡頭,把我們自己的煩惱、毛病、習氣統統修理乾淨。總的原則,就是與一切人不發生利害衝突。要做就很簡單了,他要我不要,我要的他不要,就沒衝突了。我要的是什麼?天天增長我的信願,天天佛號不中斷,這是我要的,他不要。他要的,名聞利養、五欲六塵、高名厚利,他要這個東西,這個東西我不要。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第二一六集)  2015/7/20