Rabu, 12 Agustus 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2015



Vihara yang besar memerlukan pengeluaran yang besar pula, setiap hari pikiran tidak ditumpukan pada melatih diri, hati selalu gelisah tidak tahu harus ke mana cari uang untuk mempertahankan keberlangsungan hidup vihara?

Jika menginginkan uang maka harus menyanjung orang berduit, yakni mereka yang memiliki uang sekaligus kekuasaan, dengan menyanjung mereka, kebenaran sudah tidak ada lagi, sudah berubah jadi sesat, ini sudah salah.

Maka itu Buddha dan Bodhisattva memberikan kita teladan terbaik, kita belajar dari Mereka barulah dapat meraih keberhasilan. Jangan seperti sekarang ini, mengarah pada kemewahan, ini tidak boleh.  

Maka itu saya hidup lebih leluasa dan bebas, rekan-rekan seusiaku sudah mengalami penuaan dan lemah, kebanyakan sudah meninggal dunia, mengapa demikian?  Kerisauannya banyak, masalah-masalah yang membuatnya resah juga banyak, sedangkan saya sendiri tidak memiliki hal yang perlu dikhawatirkan, tidak perlu gelisah.

Melakukan apapun juga menuruti jodoh yang ada, jika jalinan jodohnya bagus, tidak ada halangan, membawa manfaat bagi para makhluk, maka saya akan melakukannya. Sebaliknya jika tidak ada jodoh atau kesempatan, maka saya takkan sengaja pergi mencari atau menciptakan kesempatan ini, saya takkan cari urusan, maka itu tidak ada masalah.  

Tidak ada urusan merupakan yang terbaik, meskipun urusan sedikit tapi lebih baik tidak ada sama sekali, kebenaran ini harus dipahami. Sepanjang hidupku tidak mengurus orang, tidak mengurus uang dan urusan, hati ini terasa sungguh nyaman, maka itu bersukacita dalam Dharma.

Senantiasa mengulangi membaca sutra (Sutra Usia Tanpa Batas), setiap pengulangannya ada pencerahan yang diperoleh, saat membaca ada yang tercerahkan, saat berceramah juga ada yang tercerahkan, kemudian saat berbagi dengan praktisi lainnya juga ada yang tercerahkan, maka itu timbul sukacita yang tak terhingga.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2015


道場建大了開銷大,天天沒有心在道上,心都牽掛著到哪裡去找錢來維護道場?要找錢就得要巴結有錢的人,有錢有勢,就得巴結這些人,道沒了,道顛倒了,這錯誤。所以佛菩薩確實一切這些做法都給我們後人留下最好的榜樣,我們向他們學習才能有成就。不能像現在,走向奢侈,走向豪華,這個不可以。所以我活得比較自在,同年的人有人很衰老,大多數都走了,什麼原因?他們煩惱多,操心的事情多,我沒煩惱,不操心。幹什麼事情都是緣分,緣分好,沒障礙,對眾生有利益、有好處,我就會去做;如果沒有緣分,我才不去找這個緣分,不找事,所以就無事。無事是最好,少事不如無事,這個道理要懂。一生不管人、不管錢、不管事,這個心情多舒暢,所以法喜充滿,就這麼個道理。經書去讀,一遍比一遍歡喜,遍遍都有悟處,讀有悟處,講有悟處,跟同學們在一起分享也有悟處,所以就無量的歡喜。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二二七集)  2015/8/4