Jumat, 23 Januari 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2015


       
Dapat membantu sepuluh ribu orang untuk terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini seperti yang dikatakan oleh Bodhisattva Maitreya bahwa bila anda dapat membantu sepuluh ribu orang melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda adalah Buddha Amitabha.

Sepanjang hidup anda bila dapat membantu lima atau enam puluh orang, maka anda adalah Bodhisattva, apakah anda sendiri dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Tentu saja dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa demikian? Saat menjelang ajal, mereka yang terselamatkan berkat nasehat darimu, akan menarik Buddha Amitabha dan berkata, kami berhasil terlahir ke Alam Sukhavati adalah berkat nasehat darinya, kini ajalnya telah tiba, ayo Kita bersama-sama menjemput dirinya.

Terhadap hal yang masuk akal, semua orang akan memiliki pemikiran yang sama, bagaimana mungkin anda takkan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Pasti tidak boleh diragukan, bila anda meragukannya maka takkan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati; anda tidak ragu maka pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Tidak masalah bila ketrampilan melatih diri sendiri masih belum mahir, asalkan di dalam hati ada Buddha Amitabha, bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka setiap insan dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Ini patut kita ketahui dan jangan sampai diabaikan.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2015 


  能幫助一萬個人,這是彌勒菩薩說的,你能幫助一萬人念佛往生淨土,你就是阿彌陀佛。你這一生當中能幫助五、六十個人,你就是菩薩,你能不能往生?當然會往生。為什麼?你到臨命終的時候,這些受你教化往生的人,都會拉著阿彌陀佛,我是某人介紹的,他現在命終了,咱們一起去接引他。人同此心,心同此理,你怎麼能不往生?決定不能懷疑,你懷疑就不能往生;你不懷疑,肯定往生。自己功夫差一點,只要心裡頭有阿彌陀佛,想到極樂世界去,個個往生。這我們都要知道的,可不能把它疏忽掉。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一六四集)  2015/1/14 









Di dalam sutra Aliran Mahayana dikatakan bahwa, mereka yang terlahir ke Alam Sukhavati, boleh dikatakan bahwa praktisi ini bukanlah orang sembarangan, yakni pada masa kelahiran lampau pernah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga. Pada kehidupan sekarang bertemu dengan pintu Dharma ini, bersamaan itu pula memperoleh pemberkatan dari para Buddha Tathagata, barulah anda dapat meyakininya, barulah anda dapat memahaminya dan barulah dapat membangkitkan tekad dan melatih diri.

Jika tidak ada akar kebajikan yang demikian mendalam dan tebal, setelah bertemu dengan pintu Dharma ini, anda takkan bisa membangkitkan keyakinan, meskipun telah meyakininya namun beberapa tahun kemudian akan mengalami kemunduran dan beralih mempelajari pintu Dharma lainnya. Maka itu ketika kita melihat praktisi yang beralih mempelajari pintu Dharma lainnya, yang mengalami kemunduran, dalam hati jadi jelas dan mengerti, mereka tidak memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang begitu besar, maka juga tak berdaya, ini adalah hal yang biasa.

Andaikata ketika bertemu kesulitan namun hatinya juga tidak mundur, tetap melafal Amituofo berkesinambungan, kita tahu bahwa praktisi ini pada masa kelahiran lampaunya telah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga dan tanpa batas, akar kebajikan ini pada kelahiran ini sudah masak, dia pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati dan pasti akan memperoleh kesempurnaan, kebenaran ini hendaknya dipahami.

Bersamaan itu pula, saat sekarang ini kita harus tahu untuk memutuskan segala kejahatan dan memupuk segala kebajikan, membantu memperteguh tekad kita terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai kesempurnaan. Kita masih kurang sedikit, belum mencukupi, maka itu dengan bersungguh-sungguh mengerahkan segenap kemampuan untuk menambal kekurangan ini, supaya jangan ada rintangan dalam usaha kita untuk terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, tidak mengalami penderitaan sakit dan penderitaan kematian, ini dapat diwujudkan.       

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2015 


大乘經裡所說的,只要往生西方極樂世界,這個人實際來說他不簡單,都是過去生中曾經供養無量諸佛如來。這一生遇到這個法門,同時得到一切諸佛如來的加持,你才能信,你才能解,你才能願,你才能修行。如果沒有過去這樣深厚的善根,你遇到了不相信,信了以後過幾年會產生變化,會退轉,會改學其他法門。所以,我們看到改學別的法門的、退轉的,心裡就很清楚很明白,他沒有這麼大的善根、福德,那沒法子,正常現象,不是不正常。

如果遭遇什麼樣的困難他都不退心,他就一句佛號念到底,我們知道這個人過去生中供養無量無邊諸佛如來,這個善根在這一世成熟了,他決定得生,決定成就,這個道理要懂。同時,我們在現前要知道斷一切惡、修一切善,幫助我們往生極樂世界的願心早一天成就。我們現在還欠一些、還不足,認真努力把這個缺陷補過來,讓我們往生沒有障礙,走的時候能自在走,沒有病苦、沒有死苦,這個可以做得到。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一六四集)  2015/1/14 









Cara apa yang paling baik yang membantu kita untuk terlahir ke Alam Sukhavati? Yakni menjalin jodoh dengan para makhluk dan dalam menjalin jodoh dengan para makhluk yang paling penting adalah pendidikan, kita menggunakan pendidikan Ajaran Buddha.

Jika tidak memiliki jalinan jodoh, maka teruskanlah berceramah dan jangan berhenti. Meskipun tidak ada orang yang mendengarnya, tetapi ada makhluk halus yang mendengarnya, kita tidak bisa melihatnya dengan mata kasar. Dalam perkembangan sejarah, ada sebuah legenda yang terjadi pada masa Dinasti Jin(265-420), ada seorang Bhiksu yang berceramah pada batu, lalu  batu tersebut menganggukkan kepala.

Bhiksu ini ingin berceramah tetapi tidak ada orang yang sudi mendengar, lalu apa yang dilakukannya? Beliau memberi ceramah pada batu, selesai berceramah, dia bertanya pada batu itu : “Bagaimana menurutmu tentang ceramahku?”. Batu tersebut menganggukkan kepala.

Maka itu hadirin yang dapat kita lihat secara kasat mata tidaklah seberapa, namun yang tidak tampak oleh kita banyak jumlahnya. Sekarang kegiatan ceramah kami menjadi lebih leluasa, kami memiliki sebuah studio rekaman yang mungil, ada perangkat penayangan yang lalu disambungkan ke jaringan internet, sehingga siaran ceramah ini dapat disaksikan di seluruh dunia.

Insan yang menghidupkan televisi lalu menyetel ke frekuensi siaran ceramah kami, ini disebut sebagai insan berjodoh. Buddha tidak dapat menyelamatkan insan yang tidak berjodoh, siapa yang berjodoh menyetel siaran tv ke saluran kami, maka dia dapat menyaksikan dan mendengar ceramah kami, sehingga kita bisa berada bersama-sama. Maka itu dari siaran televisi dan internet kita belajar bersama-sama, bukan hanya seribu dan juga bukan hanya sepuluh ribu hadirin saja.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2015 


幫助我們往生最好的方法是什麼?是跟眾生結緣,跟眾生結緣裡面最重要就是教育,我們走佛陀教育這條路。沒有緣,講經,講經不中斷。沒有人聽,有鬼神聽,我們肉眼看不見。在歷史上,「生公說法,頑石點頭」,沒人聽,給誰講?給石頭講,講完問石頭:講得錯不錯?點頭,石頭都點頭。所以我們肉眼能看到的聽眾不多,看不到的多。現在我們講經更方便,我們有個小攝影棚,有一個機器架在面前,接上網路,全世界都能收看。能夠打開電視,按上頻道,這叫有緣人。佛不度無緣之人,誰有緣誰打開頻道,他就看到了,我們就都在一起。所以從頻道、從網路來一起學習的,不止一千、不止一萬。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一六四集)  2015/1/14