Rabu, 18 November 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


Masa kini Mara dan aliran luar banyak sekali, di mana-mana juga dapat ditemukan, mereka menjelma ke dalam wujud yang bagaimana? Yakni keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan, Mara menjelma ke dalam wujud sedemikian.

Lalu bagaimana pula kondisi di luar? Yakni kegemaran akan harta benda, rupa, ketenaran, makanan dan tidur. Semua benda ini sedang memikat dan memperdaya dirimu, ada lagi Mara yang berada di sampingmu yang membantumu agar terlibat dalam persaingan dan perseteruan, bagaimana supaya anda dapat menguasainya, persaingan berujung pada perseteruan dan perseteruan berujung pada peperangan, inilah Mara.

Ajaran suci telah melemah, kekuatan Mara semakin besar, Mara sudah terlampau banyak jumlahnya, ajaran suci tidak dapat berjaya, masyarakat salah tafsir mengira Mara adalah Dharma sejati, mereka sudah tak percaya lagi pada ajaran benar, ini patut kita ketahui.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


魔跟外道,「障蔽聖道之法」。佛能說,為什麼?佛對於這些眾生清楚明瞭,一點都不迷惑。他用什麼來障、用什麼方法來障,佛都知道。佛能說,佛不障礙他們,為什麼?這是業力。現在魔外很多,到處都可以看到,時時都可以看到,他現的是什麼?貪瞋痴慢疑,魔現這個。外面環境是什麼?財色名食睡。這些東西在外頭誘惑你,又有魔在旁邊幫助你怎麼樣去爭,現在叫競爭,如何去佔有,如何跟別人去鬥爭,現在講競爭、鬥爭、戰爭,這都是魔。聖教衰了,魔的力量大,魔太多了,聖道不能興旺,社會大眾誤認為魔說是正法,宗教所說的是迷信,不相信了,這個我們要知道。

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9 



  



  
Tuan Zhang Tai-yan pernah menjadi hakim di alam baka, jabatan ini merupakan kedudukan yang tinggi, setara dengan sekretaris jenderal di alam manusia. Tuan Zhang Tai-yan mendapat tugas ini hanya untuk sementara saja menggantikan tugas hakim alam baka yang sedang berhalangan. Tuan Zhang Tai-yan menjalani tugas selama sebulan di alam baka.

Beliau adalah seorang praktisi Ajaran Buddha, jadi terpikir bahwa di dalam Neraka ada sebuah bentuk hukuman memeluk pilar membara, yakni pilar tembaga yang dibakar hingga memerah, lalu menyuruh si terhukum untuk memeluknya.

Tuan Zhang Tai-yan menganggap bahwa bentuk hukuman ini sungguh sadis, maka itu dia mengajukan pertanyaan apakah hukuman tersebut dapat dihapus? Raja Alam Baka mengutus dua setan kecil membawa Tuan Zhang Tai-yan menuju ruangan eksekusi, sesampainya di tempat tersebut, Tuan Zhang Tai-yan tidak melihat apa-apa, seketika itu juga beliau jadi teringat akan kebenaran yang tercantum di dalam Buddha Dharma, yakni Neraka terwujud dari kekuatan karma. Bila anda tidak memiliki kekuatan karma serupa ini, maka Neraka tersebut tidak dapat anda lihat, sejak saat itu Tuan Zhang tidak pernah mengungkit lagi tentang hal tersebut.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


章太炎先生做東嶽大帝的判官,判官地位很高,相當於我們的祕書長。東嶽大帝管六個省,六個省的人、動物生死都歸他管。祕書長是二把手,他去做這個判官是代理,大概判官有事不能上班,找章太炎去代理一個月。他是學佛的,就想到地獄裡頭有炮烙這個刑罰,就是銅柱燒紅讓這個人去抱。他說這個刑罰太殘酷,不仁道,能不能把它廢除?東嶽大帝派了兩個小鬼,帶著他,他說你去看看,你到現場去看,回來再說。小鬼把他帶到現場,告訴他到了,他看不到,馬上想起來佛法裡頭說的,地獄是業力變現的,你沒有這個業力,地獄在你面前看不到,所以再就不提了。

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9 
  






  
Sutra Mahayana selalu menyebutkan kalimat “dalam waktu seketika”, yakni tidak ada batasan ruang dan waktu. Maka itu di dalam kebenaran tidak ada jarak jauh maupun dekat, Alam Sukhavati ada di mana? Yakni ada di sini; Neraka itu ada di mana? Juga ada di sini. Oleh karena semuanya adalah satu kesatuan, di dalam satu kesatuan itu tiada baik dan buruk. Di dalam satu kesatuan juga tidak ada keberuntungan dan petaka.

Orang yang menghalangiku, menfitnahku, mencelakaiku, setelah kita memahami dengan jelas akan kebenaran satu kesatuan, apakah kita masih menyalahkan mereka? Takkan lagi. Segala perbuatannya adalah karena karma buruknya, kita tahu bahwa itu adalah semu, lantas bagaimana? Tersenyumlah dan biarkan saja berlalu, takkan menerimanya, kata-kata fitnah yang dilontarkannya, takkan menaruhnya di dalam hati, jika sebaliknya malah tersinggung maka amarah ini tidak bisa reda begitu saja meskipun melewati waktu berhari-hati, lantas siapa yang rugi?

Sebenarnya dua sisi juga ada karma buruknya, dia mempunyai buah akibat karma buruk, saya juga memiliki buah akibat karma buruk pula. Setelah mendengar fitnahannya, ini adalah semu, karena segala sesuatu adalah satu kesatuan, saya sudah tercerahkan sedangkan dia masih juga tersesat, jadi perbedaan saya dan dia adalah terletak pada yang satu ini. 

Maka itu bagi anda yang sudah tercerahkan, maafkanlah dia yang sedang tersesat, buat apa anda berperhitungan dengannya? Begitu dia jadi tercerahkan, dia segera akan memahami, ternyata segala sesuatu adalah satu kesatuan, dia akan mengakuinya. Kita harus mengakui bahwa seluruh alam semesta dan seluruh isinya adalah satu kesatuan.

Dari para Buddha hingga makhluk di Alam Neraka merupakan satu kesatuan, gunung, sungai, pohon, rerumputan, semuanya juga merupakan satu kesatuan.  Orang yang lagi tersesat berkelahi dengan orang yang lagi tersesat, bukanlah hal yang mengherankan, tetapi orang yang telah tercerahkan berkelahi dengan orang yang lagi tersesat, ini barulah mengherankan.

Buddha dan Bodhisattva telah tercerahkan, lalu dengan siapa Mereka berkelahi? Dengan siapa pula Mereka berseteru? Mana ada? Tidak ada perumpamaan sedemikian.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


佛經,大乘經上常說,即在當下,常說。在哪裡?沒有空間、沒有時間。空間跟時間,《百法明門論》裡頭屬於不相應行法,不相應行法是什麼意思?用我們現在的話來說,抽象概念,不是事實。所以事實,沒有遠近,極樂世界在哪裡?就在此地;地獄道在哪裡?也就在此地,看你按哪個頻道。統統顯示在一個屏幕上,這個屏幕叫常寂光,這個屏幕叫清淨法身。法身是一體,十方諸佛如來進入,統統是一體;從這個地方現出來的無量無邊的實報莊嚴土,也是一體;從實報通過阿賴耶識變現出諸佛如來所教化的十法界六道輪迴,也是一體。這講真話,這不是說假的,一體。一體裡頭有沒有是非善惡?沒有。一體裡頭有沒有吉凶禍福?沒有。所以你要問佛、問法身菩薩,告訴你,統統沒有。可是你要問三賢菩薩,十住、十行、十迴向,他告訴你有,會告訴你,西方極樂世界在我們這個世界的西面十萬億佛國土那一邊,他會這樣告訴你。你問法身菩薩,他會告訴你就在當下,頻道換了。所以了解真相,其味無窮。

障礙我們的人,毀謗我們的人,陷害我們的人,我們把事實真相明白了,會不會責怪他?不會。他的所作所為是他的業,我們知道是假的,假的怎麼?一笑了之,沒有接受,沒有把他毀謗我們那些話放在我心上,那要生氣生好多天都消不掉,誰吃虧?那兩面都有業了,他也有惡報,我也有惡報。聽了之後,假的,是一體,我悟了,他迷,不一樣就在此地。覺悟,對於迷的,你應該原諒他,你何必要跟他計較?他要一覺悟,馬上就明白,原來是一體,他承認了。我們要承認,遍法界虛空界是一體。所以《華嚴》上說,一切眾生,包括蚊蟲螞蟻、地獄餓鬼眾生,是一體。一切法是一個自性變現出來的,能現能生的是自性,完全相同。自性就像電視的屏幕一樣,一片光明,什麼都沒有,這就是法身,這就是法身佛,包括全宇宙,佛菩薩到地獄眾生、山河大地、樹木花草,統統包括了,一法不漏,一體。迷惑人跟迷惑人打架不奇怪,覺悟的人跟迷惑人打架那才奇怪了。諸佛菩薩覺悟了,他跟誰打架?他跟誰過不去?翻遍《大藏經》,找不到這個例子。阿羅漢有,為什麼?無明煩惱沒斷。權教菩薩有,也是無明煩惱沒斷。無明煩惱斷的人肯定沒有,這個要懂。

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9 
  






  
Kita harus melatih diri dengan bersungguh-sungguh, barulah kebahagiaan dan kebebasan diperoleh. Andaikata kita dapat melihat orang-orang di sekitar kita sebagai satu kesatuan, maka semua persoalan akan jadi selesai dan takkan ada lagi. Dia membenciku, memarahiku, menghinaku, saya juga dapat bersabar dan menerimanya, mengapa demikian? Oleh karena dia sedang tersesat, ibarat orang yang minum arak sampai mabuk dan tidak sadar lagi, padahal sesungguhnya dia adalah orang baik, menanti hingga pengaruh alkoholnya hilang dan dia sadar kembali, dia akan segera mengerti; jadi takkan menyalahkannya,  bersedia memaafkannya.   

Setelah memaafkannya maka jejak atau bekas di hati juga harus dibersihkan, barulah hati kembali pada kondisi semula yang suci. Hati yang suci memunculkan kebijaksanaan, takkan tersesat. Ini merupakan pencerahan kecil, yang dicapai oleh Arahat dan Pratyeka Buddha, namun manfaat ini adalah sungguh luar biasa. Ikatan permusuhan yang telah dijalin sejak kelahiran demi kelahiran kini sudah terurai, apa alasannya? Karena di hati anda sudah tidak ada lagi hal ini. Kesucian, kesetaraan dan pencerahan telah muncul, bagaimana mungkin akan ada lagi “musuh kerabat penagih hutang”?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


我們得真修,真修得真樂,得真大自在。那就是五種見惑裡頭邊見破了(身見破了是無我),真正體會到我與萬法同一體,老莊所說的「天地與我同根,萬物與我一體」。老子、莊子肯定是法身菩薩再來的,他說得出這個話,不是法身菩薩說不出。真是一體,我們常常看到對方跟我是一體,什麼問題都解決,都沒有了。他就是恨我、罵我、侮辱我,我也能忍、能接受,為什麼?他在迷,喝酒喝醉了發酒瘋,人是好人,等到他醒過來之後,他完全明白;不會見怪他,會原諒他的。說原諒,已經心就不乾淨了。痕跡都沒有,這才是清淨心。清淨心生智慧,清淨心覺悟,不迷。那不是大覺,是小覺,阿羅漢、辟支佛的覺悟,但是就有很殊勝的作用了。生生世世結的冤親債主全化解,為什麼?你心裡頭沒有了。清淨平等覺現前,哪來的冤親債主?

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9 


  




   
Tujuan kita belajar Ajaran Buddha adalah menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan. Tetapi kenapa dia setelah sepanjang hidup belajar Ajaran Buddha, malah tidak bisa menjauhi penderitaan, bahkan semakin belajar penderitaan pun semakin banyak? Ini dikarenakan tidak melepaskan kemelekatan.

Para Buddha dan Bodhisattva yang menjelma jadi umat berkeluarga adalah amat banyak jumlahnya, terutama 16 Bodhisattva yang disebutkan di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, Bodhisattva Bhadrapala dan 15 Bodhisattva lainnya, Mereka adalah umat berkeluarga. Lalu tingkatan apa yang telah Mereka capai? Yakni Bodhisattva Calon Buddha.

Mereka mempunyai karir dan usaha masing-masing, lantas bagaimana mereka mengelola usahaNya? Yakni bekerja tapi tidak menaruhnya di dalam hati. Cara Mereka mengelola usahaNya tentu saja dengan Buddha Dharma, yakni Trisarana, Sepuluh Kebajikan, Enam Paramita, Enam Prinsip Keharmonisan Sangha, Empat Penuntun (Catvari samgraha-vastuni), dengan ini menangani segala urusan, mengelola berbagai usaha, namun dihatiNya suci bersih, bekerja tapi tidak menaruhnya di dalam hati, seolah-olah tidak bekerja tetapi sebenarnya sedang bekerja, pikiran senantiasa terfokus, takkan ada kerisauan sama sekali, di dalam pikirannya adalah sila, samadhi dan prajna.

Maka itu Mereka membabarkan Dharma dengan cara memberi teladan dalam bentuk tindakan nyata, jadi kita harus tahu mengenaliNya. Meskipun Mereka serupa dengan praktisi awam yang begitu sibuk mengelola usaha, namun yang membedakannya adalah Mereka memiliki kebijaksanaan. Praktisi awam dipenuhi oleh kerisauan, kekhawatiran dan kecemasan, sedangkan Hati Mereka takkan ternodai meskipun oleh setitik debu.

Maka itu Buddha Dharma ada di segala ruang dan waktu, dalam setiap bidang pekerjaan juga ada.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2015


我們學佛的目的就是離苦得樂。為什麼學了一輩子,他不能離苦,而且苦愈來愈多?那就是沒有放下。佛菩薩有示現在家的,很多,特別是這個經上十六正士,賢護等十六正士,都是在家居士。什麼地位?等覺菩薩。他們都有各人事業,那個事業是怎麼經營?作而無作,無作而作。經營肯定都是用佛法,用什麼?三皈、十善、六波羅蜜、六和敬、四攝法、菩薩六波羅蜜,用這個來辦事,來經營各種事業,心裡面乾乾淨淨,作而無作,無作而作,心在定中,沒有操一點心,心裡頭是戒、是定、是慧。所以他是現身說法,我們要能看出來。你看世間一般世俗的人跟學佛的人,經營世間同樣的事業,不一樣,一個充滿智慧,一個充滿煩惱,牽腸掛肚,一個心地乾淨一塵不染。佛法在哪裡?無所不在,無處不在,每個行業都在。

文摘恭錄   二零一四淨土大經科註  (第二七七集)  2015/11/9