Rabu, 17 Juni 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2015



Kita bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, tidak perlu mempersoalkan harus terlahir di bunga teratai tingkatan ke berapa, dengan demikian hati pun jadi tenteram, seperti yang diucapkan oleh Master Ou Yi ketika ada umat yang bertanya padanya, ketika anda akan berpulang ke kampung halaman Alam Sukhavati, anda mengharapkan bisa terlahir di bunga teratai tingkatan ke berapa?

Master Ou Yi menjawab bahwa saya berharap bisa terlahir di bunga teratai tingkatan bawah bagian bawah, dengan demikian saya sudah merasa puas. Ini adalah perkataan yang sejujurnya, mengapa demikian? Karena meskipun terlahir pada tingkatan paling bawah juga merupakan Bodhisattva Avaivartika, terlahir di tingkatan teratas juga merupakan Bodhisattva Avaivartika.

Dengan perkataan lain, meskipun di Alam Sukhavati masih ada perbedaan tingkatan bunga teratai, namun kenyataannya adalah setara. Ini sungguh istimewa, di sepuluh penjuru alam lainnya tidak ada hal yang serupa ini. Kesetaraan ini diciptakan oleh kekuatan tekad agung Buddha Amitabha. Di sepuluh penjuru alam lainnya tidak ada hal sedemikian, juga di dalam 84 ribu pintu Dharma lainnya juga tidak ada, hanya ada satu-satunya di pintu Dharma ini (Ajaran Sukhavati).

Maka itu setelah bertemu dengan pintu Dharma ini haruslah menggenggamnya dengan erat, jika tidak demikian maka sungguh disayangkan. Berapa banyak Bodhisattva yang ingin mendengar pintu Dharma ini namun tidak berjodoh, mengapa demikian? Oleh karena bila telah berkesempatan mendengar Dharma ini, yakni Sutra Usia Tanpa Batas, maka pasti dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan.      
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2015



我們求生,不必求品位高下,心定下來,像蕅益大師所說的。有人問他,你老人家往生,希望往生什麼樣的品位?蕅益大師告訴人,我希望下品下生,我就滿意了。這是真話,是老實話,為什麼?下品下生也作阿惟越致菩薩,上品上生同樣還是阿惟越致菩薩。換句話說,極樂世界雖有品位高下不同,但是事上是平等的。理上有差別,事上是平等,這個太特殊了,十方世界裡頭沒有。事上完全平等,這是阿彌陀佛本願威神所造成的,十方世界沒有,八萬四千法門也沒有,只有這一門。遇到一定要把握住,不把握住太可惜了。多少菩薩想聞此法而沒有緣分,為什麼?聞得此法,就是這部經,必定一生成佛。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一九五集)  2015/6/10